Selasa, 01 November 2011

MACAM-MACAM MEDIA PEMBELAJARAN

MACAM-MACAM MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Media Grafis
Media grafis adalah media visua; yang menyajikan data, idea tau gagasan melalui penyajian kata-kata, kalimat, angka-angka, dan symbol/ gambar. Grafis biasanya digunkan untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, dan mengilustrasikan fakta-fakta sehingga menarik dan dapat diingat orang.
Yang termasuk media grafis antara lain :
a.       Grafik, yaitu penyajian data melalui poerpaduan antara angka, garis, dan symbol.
b.      Diagram, yaitu gambaran sedehana yang dirancang untuk memperlihatkan huhubungan timbal balik yang biasanya disajikan melalui garis-garis symbol.
c.       Bagan, yaitu perpaduan sajian kata-kata, garis, dan symbol yang merupakan ringkasan suatu proses, perkembangan, atau hubungan-hubungan penting.
d.      Sketsa, yaitu gambar yang sedehana atau draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokok dari suatu bentuk gambar.
e.      Poster, yaitu sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok dan menariik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.
f.        Papan Flanel, yaitu papan yang berlapis kain flannel untuk menyajikan gambar atau kata-kata yang mudah ditempel dan mudah pula dilepas.
g.       Bulletin Board, yaitu papan biasa tanpa dilapisi kain flannel yang memuat gambar-gambar atau tulisan-tulisan yang langsung ditempelkan dengan menggunkan kem atau alat penempel lainnya.
Kelebihan Media Grafis
a.       Dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajkan.
b.      Dapat dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian siswa.
c.       Pembuatannya lebih meudah dan harganya lebih murah.
Kelemahan Media Grafis
a.       Membutuhkan keterampilan khusus dakam pembuatannya, terutama dalam grafis yang sangat kompleks.
b.      Penyajian pesan hanya bersifat visual saja.

2.       Media Bahan Cetak
Media bahan cetak adalah media visual yang pembuatannya melalui proses pencetakan/printing atau offset. Media cetak ini menyajikan pesannya melalui huruf-huruf dan gambar-gambar yang diilustrasikan untuk lebih memperjelas pesan atau informasi yang disajikan.
Jinis media bahan cetak diantaranya adalah :
a.       Buku teks, yaitu suatu bidang studi atau ilmu tertentu yang disusun untuk memudahkan  para guru dan siswa dalam upaya mencapa tujuan pembelajaran.  dalam Penyusunan buku teks ini disesuaikan dengan urutan (sequence) dan ruang lingkup (scope) GBPP tiap bidang studi tertentu.
b.      Modul, yaitu suatu paket program yang disusun dalam bentuk satuan tertentu  dan didisain sedimikian rupa guna kepentingan belajar siswa. Satu paket modul biasanya memiliki kompenen petunjuk gambar, lembaran kegiatan siswa, lembaran kerja siswa, kunci lembaran kerja, lembaran tes, dan kunci lembaran tes.
c.       Bahan Pengajaran Terpogram, yaitu paket program pengajaran individual hamper sama dengan modul. Perbedaannya dengan modul, bahan pengajaran terpogram ini disusun dalm topic-topik kecil untuk setiap bingkai atau halamannya, satu bingkai biasanya berisi informasi yang merupakan bahan ajaran,  pertanyaan, dan balikan/respons dari  pertanyaan bingkai lain.
Kelebihan Media Bahan Cetak
a.       Dapat menyajikan pesan atau informasi dalam jumlah yang banyak.
b.      Pesan atau informasi dapat dipelajari oleh siswa sesuai dengan kebutuhan, minat, dan kecepatan masing-masing.
c.       Dapat dipelajari kapan dan dimana saja karena mudah dibawa.
d.      Akan lebih menarik apabila dilengkapi dengan gambar dan warna.
e.      Perbaikan/revisi mudah dilakukan.
Kelemahan Media  Bahan Cetak
a.       Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama.
b.      Bahan cetak yang tebal mungkin dapat membosankan dan mematikan minat siswa utnuk membacanya.
c.       Apabila jilidbdan kertasnya jelek, bahan cetak akan mudah rusak dan sobek.

3.       Media Gambar Diam
Media gambar diam adalah media visual yang berupa gambar yang dihasilkan melalui proses fotografi. Jenis media gambar ini adalah foto.
Kelebihan Media Gambar Diam.
a.       Dibandingkan dengan grafis, media foto ini lebih konkret.
b.      Dapat menunjukan perbandingan yang tepat dari objek yang sebenarnya.
c.       Pembuavertannya mudah dan harganya murah.
Kelemahan Media Bahan Cetak
a.       Biasanya  ukurannya terbatas sehingga kurang efektif untuk pembelajaran kelompok besar.
b.      Perbandingan yang kurang tepat dari suatu objek akan menimbulkan kesalahan persepsi.


4.       Media OHP dan OHT
OHT (Overhead Transparency) adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat proyeksi yang disebut OHP (Overhad Projector). OHT terbuat dari bahan rtransparan yang biasannya berukuran 8,5 x 11 inci.
Ada 3 jenis bahan yang dapat digunakan sebagai OHT, yaitu :
a.       Write on film (plastic transparansi), yaitu jenis tranparansi yang dapat ditulis atau digambar secara langsung dengan menggunakan spidol.
b.      PPC transparency film (PPC= Plain Paper Copier), yaitu jenis tranparansi yang dapat diberi tulisan ayau gambar dengan menggunakan mesin photo copy.
c.       Infrared transparancynfilm, yaitu jenis transparansi yang dapat diberi tulis atau gambar dengan menggunakan mesin thermofax.
OHP (Overhead Projektor) adalah media yang digunakan untuk memproyeksikan program-program transparency pada sebuah layar. Biasanaya alat ini digunakan untuk menggantikan papan tulis.
Ada dua jenis model OHP, yaitu:
a.       OHP Claasroom, yaitu OHP yang dirancang dan dibuat secara permanen untuk disimpan disuatu kelas atau ruangan. Biasanya memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan OHP jenis portable.
b.      OHP Portable, yaitu OHP yang dirancang agar mudah dibawa  kemana-kemana sehingga ukuran dan bobot beratnya lebih ringkas.
Kelebihan Media OHT/OHP
a.       Dapat digunakan untuk menyajikan pesan di semua ukuran ruangan kelas.
b.      Menarik, karena memungkinkan penyajian yang variatif dan disertai dengan warna-warna yang menarik.
c.       Tatap muka dengan siswa selalu terjaga dan memungkinkan siswa untuk mencatan hal-hal penting.
d.      Tidak memerlukan operator secara khusus dan tidak pula memerlukan penggelapan ruangan.
e.      Dapat menyajikan pesan yang banyak dalam waktu yang relatifsingkat.
f.        Progam OHT dapat digunakan berkali-kali.
Kelemahan Media OHT/OHP
a.       Memerlukan perencanaan yang matang dalam pembuatannya dan penyajiannya.
b.      OHT dan OHP memerlukan hal yang tidak dapat dipisahkan, karena sebuah gambar dalam kertas biasa tidak bias diproyeksikan melaluiOHP.
c.       Urutan OHTmudah kacau, karena merupakan urutan yang lepas.

5.       Media Opaque Projektor
Opaque Projector atau proyektor atau proyektor tak tembus pandang adalah media yang digunakan untuk memproyeksikan bahan dan benda-benda yang tidak dapat tembus pandang, seperi buku, foto, dan model-model baik yang dua dimensi maupun yanf tiga dimensi. Berbeda dengan OHP, opaque projector ini tak memerlukan transparansi, tapi memerlukan penggelap[an ruangan. Opaque projector biasanya dapat pula digunakan untuk memproyeksikan film bingkai akan tetapi tidak dilengkapi dengan tape recorder.
Kelebihan dan kelemahan media ini hamper mirip dengan kelemahan dan kelebihan media OHP dan media slide. Oleh karena opaque projector dengan segala karakteristiknya dapat berfungsi sebagai OHP dan slide projector.

6.       Media Slide
Media slide atau film bingkai adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat yang disebut dengan proyektor slide. Slide atau film bingkai terbuat dari film positif yang kemudian diberi bingkai yang terbuat dari karton plastic. Film positif biasanya digunakan untuk film slide adalah film positif yang ukurannya 35mm dengan ukuran bingkai 2 x 2 inci. Sebuah program slide biasanya terdiri atas beberapa bingkai yang banyaknya tergantung pada banyaknya materi yang akan disampaikan.

Kelebiahn Media Slide
a.       Membantu menimbulkan pengertian dan ingatan yang kuat pada pesan yang disampaikan dan dapat dipadukan dengan unsur suara.
b.      Merangsang minat dan perhatian siswa dengan warna dan gambar yang kongkrit.
c.       Program slide mudah direvisi sesuai dengan kebutukan, karena filmnya terpisah-pisah.
d.      Penyimpanannya mudah karena ukurannya kecil.
Kelemahan Media Slide
a.       Memerlukan penggelapan ruangan untuk memproyeksikannya.
b.      Pembuatannya memerlukan waktu yang cukup lama, jika program yang dibuatnya cukup panjang.
c.       Memerlukan biaya yang boleh dikatakan besar.
d.      Hanya dapat menyajikan gambar yang diam (geraknya terbatas walaupun dengan menggunakan lebih dari sebuah proyektor.

7.       Media Filmstrip
Filmstrip atau atau film rangkai/film felang adalah media visual proyeksi diam, yang pada dasarnya hamper sama dengan media slide. Hanya filmstrip ini terdiri atas beberapa film yang merupakan satu kesatuan (merupakan gelang, dimana antara ujung satu dengan ujung yang lainnya bersatu). Jumlah frame atau gambar dari suatu filmstrip ada berjumlah 50 buah dan ada pula berjumlah 75 buah dengan pangjang 100 sampai dengan 130 cm.
Kelebihan filmstrip dibandingkan film slide adalah media filmstrip mudah penggandaannya karena tidak memerlukan bingkai, juga bingkai-bingkai filmstrip tidak akan tertukar karena merupaka satu kesatuan. Akan tetapi pengeditannya/revisi relative agak sukar, karena harus dilakukan di laboratorium sound effect.

8.       Media Radio
Radio adalah media yang cara penyampaian pesannya dilakukan melalui pancaran gelombang elewktromagnetik dari suatu pemancar. Pemberi pesan (penyiar) secara langsung dapat mengkomunikasikan pesan atau informasi melalui suatu alat (mikrofon) yang kemudian diolah dan dipancarkan kesegenap penjuru melalui gelombang elektromagnetik dan penerima pesan dat mendengarkannya melalui pesawat radio.
Kelebihan Media Radio
a.       Memiliki variasi program, yang cukup banyak.
b.      Sifatnya mobile
c.       Baik untuk mengembangkan imajinasi siswa.
d.      Dapat lebih memusatkan perhaitian siswa terhadap kata, kalimat atau music sehingga sangat cocok digunakan untuk pengajaran bahasa.
e.      Jangkaunnya sangat luas
f.        Harganya relative murah
Kelemahan Media Radio
a.       Sifat komunikasi hanya satu arah
b.      Jika siarannya monoton akan lebih cepat membosankan siswa.
c.       Program siarannya selintas, sehingga tidak bias diulang-ulang dan disesuaikan dengan kemampuan belajar siswa secara individula
9.       Media Alat Perekam Pita Magnetik
Alat perekam pita magnetic atau kaset tape recorder adalah media yang menyajikan pesannya melalui proses perekaman kaset audio.
Kelebihan
a.       Pita rekaman dapat diputar berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan siswa.
b.      Rekaman dapat dihapus dan digunakan kembali
c.       Mengembangkan daya imajinasi siswa
d.      Sangat efektif untuk pembelajaran bahasa
e.      Penggandaan program sangat mudah.

10.   Media Film
Film disebut juga gambar hidup (motion Pictures), yaitu serangkaian gambar diam (still pictures) yang meluncur secara cepat dan diproyeksikan sehingga menimbulkan kesan hidup dan bergerak. Film merupakan media yang menyajikan pesan audio visual dan gerak. Oleh karenannya, film memberikan kesan yang impresif bagi pemirsanya.
Kelebihan Media Film
a.       Memberikan pesan yang dapat diterima secara lebih merata oleh siswa.
b.      Sangat bagus untuk menerangkan suatu proses
c.       Mengatasi keterbatasan ruang dan waaktu.
d.      Lebih realistis
e.      Memberikan kesan yang mendalam
Kelemahan Median Film
a.       Harga produksinya cukup mahal
b.      Pembuatannya memerlukan banyak waktu dan tenaga.
c.       Memerlukan oprator khusus untuk mengoperasikannya.
d.      Memerlukan penggelapan ruangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar