EVALUASI PEMBELAJARAN
Pengertian
evaluasi menurut beberapa ahli:
- Wandt and Gerald W. Brown:
“Evaluation
refer to the act or process to determining the value of something”
- Anas Sudijono:
Evaluasi
pendidikan adalah suatu tindakan atau kegiatan (yang dilaksanakan dengan maksud
untuk) atau suatu proses (yang berlangsung dalam rangka) menentukan nilai dari
segala sesuatu dalam dunia penidikan (berhubungan dengannya, atau yang terjadi
di lapangan pendidikan).
- Martin Tassmer:
Evaluasi
merupakan pengambilan data untuk menentukan harga nilai yang diperoleh individu
secara baik atau kurang baik.
- W. James Popham:
Evaluasi
adalah proses pencarian, pengumpulan dan pemberian data (informasi) kepada pengambil
keputusan yang diperlukan untuk memberikan pertimbangan apakah program perlu
diperbaiki, dihentikan atau diteruskan.
- Leonora Layola Oriondo and Eleanor M. Dallo Antonio:
Evalusai adalah proses pengumpulan, menganalisis dan
menginterpretasikan informasi yang didapat melalui pengukuran untuk memberikan
beberapa makna berdasar pertimbangan nilai
- Norman E. Gronlund:
“Evaluation
a systematic process of determining the extent to which instructional
objectives are achieved by pupil”
Evaluasi
adalah suatu proses yang sisitematis untuk
mnntukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran
telah dicapai oleh siswa.
- Wrightstone:
“Educational
Evaluation is the estimation of the growth and profress of pupils toward
objectives or values in the curriculum”
Evaluasi pendidikan adalah penaksiran terhadap
pertumbuhan dan kemajuan siswa ke arah tujuan-tujuan atau nilai-nilai yang
telah ditetapkan di dalam kurikulum.
Kesimpulan : Evaluasi adalah suatu tindakan atau
suatau proses sistematis pengambilan data, menganalisis dan
menginterpretasikan informasi yang didapat melalui pengukuran untuk pengambilan keputusan.
Dari pendapat di atas, ada beberapa hal yang menjadi ciri khas dari evaluasi yaitu:
(1) sebagai kegiatan yang sistematis, pelaksanaan evaluasi haruslah
dilakukan secara berkesinambungan. Sebuah program pembelajaran seharusnya
dievaluasi disetiap akhir program tersebut,
(2) dalam pelaksanaan evaluasi dibutuhkan data dan informasi yang
akurat untuk menunjang keputusan yang akan diambil. Asumsi-asumsi ataupun
prasangka. bukan merupakan landasan untuk mengambil keputusan dalam evaluasi,
dan
(3) kegiatan evaluasi dalam pendidikan tidak pernah terlepas dari
tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar