Senin, 29 Oktober 2012

Evaluasi Pembelajaran


EVALUASI PEMBELAJARAN
Pengertian evaluasi menurut beberapa ahli:
    1. Wandt and Gerald W. Brown:
“Evaluation refer to the act or process to determining the value of something
Suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu.
    1. Anas Sudijono:
Evaluasi pendidikan adalah suatu tindakan atau kegiatan (yang dilaksanakan dengan maksud untuk) atau suatu proses (yang berlangsung dalam rangka) menentukan nilai dari segala sesuatu dalam dunia penidikan (berhubungan dengannya, atau yang terjadi di lapangan pendidikan).
    1. Martin Tassmer:
Evaluasi merupakan pengambilan data untuk menentukan harga nilai yang diperoleh individu secara baik atau kurang baik.
    1. W. James Popham:
Evaluasi adalah proses pencarian, pengumpulan dan pemberian data (informasi) kepada pengambil keputusan yang diperlukan untuk memberikan pertimbangan apakah program perlu diperbaiki, dihentikan atau diteruskan.
    1. Leonora Layola Oriondo and Eleanor M. Dallo Antonio:
Evalusai adalah proses pengumpulan, menganalisis dan menginterpretasikan informasi yang didapat melalui pengukuran untuk memberikan beberapa makna berdasar pertimbangan nilai
    1. Norman E. Gronlund:
“Evaluation a systematic process of determining the extent to which instructional objectives are achieved by pupil
Evaluasi adalah suatu proses yang sisitematis untuk mnntukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa.


    1. Wrightstone:
“Educational Evaluation is the estimation of the growth and profress of pupils toward objectives or values in the curriculum
Evaluasi pendidikan adalah penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa ke arah tujuan-tujuan atau nilai-nilai yang telah ditetapkan di dalam kurikulum.

Kesimpulan : Evaluasi adalah suatu tindakan atau suatau proses sistematis pengambilan data, menganalisis dan menginterpretasikan informasi yang didapat melalui pengukuran untuk pengambilan keputusan.

Dari pendapat di atas, ada beberapa hal yang menjadi ciri khas dari evaluasi yaitu:
(1) sebagai kegiatan yang sistematis, pelaksanaan evaluasi haruslah dilakukan secara berkesinambungan. Sebuah program pembelajaran seharusnya dievaluasi disetiap akhir program tersebut,
(2) dalam pelaksanaan evaluasi dibutuhkan data dan informasi yang akurat untuk menunjang keputusan yang akan diambil. Asumsi-asumsi ataupun prasangka. bukan merupakan landasan untuk mengambil keputusan dalam evaluasi, dan
(3) kegiatan evaluasi dalam pendidikan tidak pernah terlepas dari tujuan-tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar